Mercy: Mobil Dipajaki Pakai Emisi Bukan dengan Kapasitas Mesin, Kami Senang

Produsen mobil premium asal Jerman, Mercedes-Benz menyambut positif akan rencana pemerintah mengubah aturan pajak kendaraan bermotor berdasarkan emisi gas buang yang dihasilkan, bukan lagi berdasarkan kapasitas mesinnya. Produsen Jerman ini mengaku sudah siap dengan teknologi yang dimiliki.

Mercy: Mobil Dipajaki Pakai Emisi Bukan dengan Kapasitas Mesin, Kami Senang

“Kalau itu benar dijalankan, kami sangat happy ya. Secara produk range kami sudah siap semua mau diterapkan misalnya Euro4, Euro5, dan sebagainya secara teknologi siap,” jelas Deputy Director Sales Operation Mercedes Benz Passenger Car and Network Development Mercedes-Benz Indonesia Kariyanto Hardjosoemarto, di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Rabu (23/11/2016).

Namun Kerry, panggilan akrab Kariyanto, mempertanyakan soal kesiapan infrastruktur yang belum memadai. Pajak emisi tersebut juga dinilai Kerry bisa meningkatkan persaingan teknologi yang sehat di antara produsen mobil.

“Tapi juga pertanyaannya seberapa siap infrastruktur dalam negeri sendiri, karena sekarang kan masih Euro2 untuk naik ke Euro4 kan masih perlu waktu. Kami mendukung policy tersebut kalau memang pajak berdasarkan emisi. Semakin sedikit emisi yang dihasilkan misalnya pajak semakin rendah, itu menuntut semua merek berkompetisi secara teknologi, nah kami sangat confident kalau itu diterapkan,” tutur Kerry.

Mobil-mobil yang dijual di Indonesia pun menurut Karry sudah siap dengan teknologi tinggi yang menghasilkan emisi rendah seperti C-Class dan E-Class.

“Pada dasarnya semua di Eropae sudah Euro6 dan sudah ada di Indonesia. Model C dan E sudah ada, bensin semua,” ungkapnya.

Emisi gas CO2 mobil Mercy memang rendah. Sebagai contoh untuk mobil sportnya saja seperti S63 AMG mencapai 242 gram CO2 per km, sedangkan SL 400 175 gram per km. Untuk E-Class mencapai 102-142 gram per km tergantung modelnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s