Gaikindo: Mobil Lebih Penting Diproduksi di Indonesia, Bukan Cuma Dijual

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) meminta merek mobil untuk memproduksi kendaraan di Indonesia, jadi tidak cuma menjualnya saja.

Gaikindo: Mobil Lebih Penting Diproduksi di Indonesia, Bukan Cuma Dijual

Perkara ada merek yang saling bekerja sama dalam menjual produk tidak masalah. “Tidak masalah. Kalau satu perusahaan ngehasilin 10 ribu dan digabung semuanya, justru bagus. Yang penting produksi di Indonesia,” ujar Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi kepada wartawan, di Jakarta, Rabu (23/11/2016).

“Buat kami, yang dilihat oleh kami, kami menginginkan kendaaran itu diproduksi di Indonesia, bukan dijual ya, tapi diproduksi. Makin banyak diproduksi di Indonesia, makin bagus,” tegasnya.

Karena dengan meningkatnya produksi di Indonesia, maka akan meningkatkan pula jumlah ekspor. Dan itu akan menguntungkan bagi semua pihak.

“Karena ekspor dan produksi dalam negeri itu menunjang ekonomi domestik, jumlah serapan tenaga kerja kan jadi naik juga,” tambah Nangoi.

Nangoi sebelumnya pernah mengatakan, meski angka penjualan mobil di Indonesia sudah mengalahkan Thailand, namun produksi mobil di Indonesia masih jauh lebih kecil.

“Thailand ekspornya tinggi, mereka ekspor 800 – 900 ribu, kita cuma 200 ribu. Jadi kalau 1.050.000 (angka penjualan di Indonesia dalam setahun-red) ditambah 200.000 (ekspor mobil) kira-kira satu seperempat juta, di sana (Thailand) kira-kira 750 ribu ditambah 800 ribu mungkin 1,5 sampai 1,6 juta,” tambah Nangoi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s